Opini

Buah-buah Roh

Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh (Galatia 5:25)

Saya bersharing sedikit tentang buah-buah Roh Kudus. Kadang kita berpikir bahwa buah-buah Roh Kudus akan secara otomat dihasilkan oleh pengakuan kita sebagai orang beriman. Ilustrasi berikut ini, barangkali bisa memberikan sedikit gambaran tentang buah-buah Roh Kudus itu.

J. Stuart Holdenn  memberikan suatu perumpamaan yang indah tentang buah-buah Roh Kudus. Ia berkata, “Saya memiliki rumah yang dikelilingi oleh kebun. Dalam kebun itu saya meiliki pemikiran tentang alam sekitar manusia. Misalnya, saya mengenal tanah dan apa yang akan dihasilkan oleh benih, juga berbagai jenis kembang dan buah. Saya telah membaca buku-buku pertanian, dan adalah sesuatu yang mengagumkan untuk tahu bahwa kebun itu memberikan hasilnya. Tetapi perhatikan, bunga dan buah dihasilkan hanya dengan bekerja, dengan ketaatan kepada hukum-hukum alam. Ketika kebun menghasilkan keindahan dan kelimpahan hasil, maka hal tersebut hanya bisa terjadi dengan kerja sama yang cermat dengan alam.

Orang Kristen pun demikian. Kita memang memiliki pikiran Kristus dan kita tahu benar bagaimana seharusnya kehidupan Kristen itu. Tetapi ingat, buah-buah Roh kudus hanya dapat dihasilkan jika kita secara tulus bekerja sama dengan Allah dalam ketaatan dan kepatuhan yang utuh, dengan membiarkan Roh kudus-Nya mengontrol kita, baik tubuh, jiwa dan roh kita.

Sekarang telah jelas, bahwa sekalipun kita memiliki pikiran Allah yang kemudian membuat kita memiliki pelayanan yang luar biasa, serta tahu dan sangat paham kebenaran firman, semua itu tidak bisa membuat kita memiliki buah-buah Roh kudus. Karena hanya melalui ketaatan dan kepatuhan yang utuh kepada Roh Kudus dan Allahlah buah-buah Roh Kudus itu dapat kita hasilkan.

Jadi kesimpulannya, buah-buah Roh Kudus hanya dapat dihasilkan dari ketaatan dan kepatuhan yang sungguh-sungguh, bukan karena besar kecilnya pelayanan kita atau juga karena karunia-karunia yang kita miliki.  Allah lah yang menumbuhkan buah-buah kebenaranmu, yaitu buah-buah Roh Kudus. (1 Korintus 9:10b). ** Yakobus Dapa Toda, S.S.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top