BULINAS

Bulan Liturgi Nasional 2011

Rapat Dewan Pleno Komisi Liturgi KWI Tahun 2001, sebelas tahun yang lalu, memutuskan perlunya pendalaman liturgi dengan program yang teratur. Komisi Liturgi KWI menetapkan bulan Mei sebagai Bulan Liturgi Nasional. Bahan pendalaman katekese liturgi untuk kegiatan pada bulan ini di susun oleh Komisi Liturgi KWI dan Komisi Liturgi Keuskupan-keuskupan secara bergantian.

Tema katekese liturgi untuk Bulan Liturgi Nasioanl 2011 adalah “Liturgi dan Kesehatan”. Bahan katekese liturgi ini disiapkan oleh Komisi Liturgi Keuskupan Agung Merauke. Persiapan bahan tahun ini secara khusus diprakarsai oleh P. Bernardus Boli Ujan, SVD dan Tim Komlit K.A Merauke.[ref name=”1″]Bahan Katekese Liturgi Nasional 2011, LITURGI DAN KESEHATAN, Komisi Liturgi KWI[/ref]

Bahan tahun ini mengetengahkan tema : LITURGI DAN KESEHATAN, yang kemudian dibagi dalam beberapa sub-tema yakni:

  1. Lingkungan dan Lingkungan Hidup (Ekologi)
  2. Litrugi dan Kesehatan
  3. Liturgi Yang Menyembuhkan I (Sosialisasi tentang Sakramen Tobat)
  4. Liturgi Yang Menyembuhkan II (Sosialisasi tentang Sakramen Pengurapan Orang Sakit)

Melihat struktur pembagian tema tahun ini, sebagai salah satu Tim Pastoral di Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya mengatakan bahwa tema ini sangat bermanfaat untuk memperdalam pengetahuan umat tentang liturgi dan kesehatan. Namun, berdasarkan latar belakang pengetahuan umat di Paroki Katedral Palangkaraya tentang liturgi yang masih sangat kurang, saya mencemaskan nantinya bahan ini tidak sesui dengan harapan. Alasan saya adalah bila pemahaman tentang liturgi itu sendiri sangat kurang, bagaimana mungkin bisa melihat relevansi liturgi itu ke ekologi, kesehatan dan penyembuhan.

Karena pertimbangan ini, Tim Pastoral Paroki Katedral Palangka Raya menyetujui untuk menerjemahkan bahan dari KWI ini sesuai dengan kebutuhan umat setempat. Kalau bahan dari KWI menyediakan 4 sub-tema, Tim Pastoral Paroki Katedral Palangka Raya harus menyiapkan satu sub-tema lagi sebelum pertemuan pertama. Isi dari sub-tema yang dimaksud adalah : memperkenalkan liturgi secara umum kepada umat, termasuk komponen-komponen litrugi itu sendiri. Setelah umat mempunyai pemahaman yang cukup tentang liturgi, barulah mulai mendalami bahan yang dibuat oleh KWI.

Semoga Bulan Kitab Suci Nasional 2011 membawa dampak besar bagi kehidupan iman umat Katolik di seluruh Indonesia, secara khusus di Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top