Gema OMK

Camping Rohani Orang Muda Katolik

Foto: Nickjer S. Pasaribu

Palangka Raya, KAIROS.OR.ID – Camping Rohani Orang Muda Katolik (OMK) St. Ursulla, Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya akhirnya terlaksana. Kegiatan yang ditunggu-tunggu OMK ini dilaksanakan pada tanggal 8 November s.d. 10 November 2013 di Pantai Batakan, Pelaihari Kalimantan Selatan. Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi OMK untuk merangkai dan mengukir prestasi di masa depan dengan rancangan-rancangan yang sangat inovatif, energik dan kreatif.

Konferensi dipimpin oleh Rm. Domi, SVD

Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi dekat dengan pantai, dikelilingi oleh pegunungan dan alam yang belum terjamah perusak lingkungan ini mengetengahkan tema: “Aku Katolik, Aku Indonesia” dan sub tema “Tumbuhkan semangat OMK dalam membangun Komunitas, Gereja dan Masyarakat.  Romo Domi, SVD, sebagai pendamping OMK dalam kegiatan ini mengatakan: “Orang Muda Katolik kedepannya diharapkan lebih percaya diri untuk bisa berperan aktif dalam kehidupan meng-Gereja, bergelut dalam Komunitas dan mengaplikasikannya di tengah kehidupan bermasyarakat, terutama melalui kegiatan ini, perhatian OMK terhadap lingkungan semakin besar. Keprihatinan OMK tidak cukup hanya dalam lingkup Gereja, tetapi juga harus terlibat di luar Gereja. Kiranya, perhatian kepada lingkungan hidup, yang nasibnya semakin hari makin memprihatinkan  mendapat tempat khusus dalam hati OMK”.

Rekreasi Terpimpin di alam terbuka

Kegiatan Camping Rohani kali ini memberi banyak manfaat bagi OMK. Kegiatan-kegiatan dirancang begitu menarik dalam bentuk Konferensi tentang materi “Gerakan dan Gebrakan OMK”, Out Bond , Sharing dan Diskusi Kelompok, Pentas Seni, Aksi Sosial dengan tema “OMK Cinta Bumi”. Selain itu, OMK juga mendapatkan kesegaran melalui permainan dan rekreasi terpimpin. OMK menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan dengan menggelar kegiatan membersihkan sampah di sekitar lokasi camping.

Kegiatan rekreasi terpimpin ini diakhir dengan penetapan 3 calon Ketua KOMKA Periode 2013/2015, yakni, Aga Tho, Michael Octavianus dan Alalanda Ludus Saingan. Ketiga calon ini memiliki suara yang cukup berimbang. Namun perjuangan para kandidat ini, tidak hanya sampai disini, setelah Kegiatan Camping Rohani, ketiga calon ini akan berusaha memperkenalkan visi misinya dengan menjaring dan mengumpulkan OMK sebanyak mereka bisa dalam suatu kegiatan sederhana namun mengesankan. Kesempatan ini merupakan proses promosi diri, atau kampanye ala CALEG dan hanya diberikan waktu selama 3 minggu. Minggu keempat setelah proses ini selesai, pemilihan ketua akan dilaksanakan. Acara ini direncanakan pada tanggal 07 desember 2013.

Perayaan Ekaristi

Seluruh kegiatan Camping Rohani ditutup dengan sebuah Misa Perutusan. Perayaan Ekaristi ini merupakan penyimpul pesan dan menjadi wejangan bagi OMK untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. OMK tidak akan berhasil kalau mengandalkan kekuatannya sendiri. OMK hanya bisa berhasil bila selalu jalan bersama Yesus, sumber semangat dan kreasi. Dan tentu saja, selain bersandar pada Yesus, OMK juga mengharapkan dukungan terus-menerus dari Gereja dan orang tua. **Nickjer Silvianus Pasaribu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top