Kelompok Kategorial

HUT Ke-92 Legio Mariae

Suasana Rekoleksi
Foto: C. Wiwik Handayani

Sebagai ungkapan syukur atas Hari Ulang Tahun Legio Maria ke-92,  pada tanggal 15 Oktober 2013, 16 Presidium Legio Mariae dalam wilayah Dekenat Palangka Raya (Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Kuala Kurun, Yesus Gembala Baik & Katedral St. Maria Palangka Raya) dan Dekenat Barito (Muara Teweh & PIR Butong) mengadakan temu muka yang di kemas dalam 3 acara yaitu Rekoleksi, Pertemuan Para Perwira dan Misa Syukur.

Rekoleksi Legio Maria yang diikuti oleh 95 legioner ini diselenggarakan di aula Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya, mendalami tema “Bunda Maria Teladan Iman Para Legioner” dipimpin oleh Fr. Bernadinus Penta Putra Hennardi, Pr.  Dalam paparannya Fr. Penta mengajak para legioner untuk lebih mendalami bahwa para  Legioner memiliki jiwa Maria yang luhur.

Suasana Misa Syukur, diawalai dengan doa Tesera
Foto: C. Wiwik Handayani

Sementara di ruang pertemuan Seminari “Raja Damai”, diadakan pertemuan bersama 30 perwira dan 5 Pemimpin Rohani  yang dipimpin oleh ketua kuria Sdra. Yustinus Ruslim dan moderator Sdra. Wilhelmus Y. Ndoa. Pertemuan yang bertema “Legio Mariae, Tantangan dan Peluang” ini bertujuan untuk evaluasi sekaligus menjalin kebersamaan dalam meningkatkan kualitas dan komitmen para legioner sebagai dasar menjalankan sistem Legio Mariae. Dalam upaya menanggapi tantangan dan peluang, para peserta pertemuan menyampaikan tumbuh kembang serta tantangan yang dihadapi oleh masing-masing presidium. Dari sharing dan evaluasi berhasil dirumuskan rekomendasi diantaranya mengembangkan semangat kebersamaan dan  persaudaraan serta kerjasama agar presidium-presidium menjadi lebih hidup, berkualitas dengan demikian Kerasulan Legio Mariae cepat berkembang dan ada di setiap paroki.

Foto Bersama Presidium “Maria dari Fatima”
Trans Anjir Pulang Pisau
Foto: C. Wiwik Handayani

Usai rekoleksi dan pertemuan acara dilanjutkan Misa syukur HUT ke-92 Legio Mariae. Misa dipimpin oleh Rm. Alex Dato, SVD didampingi P. Al. Gonzaga Arjon, Pr, P. Kosmas Ambo, SMM, P. Damianus Juin, CP dan P. Lucius, SVD. Dalam kotbahnya P. Alex, SVD mengingatkan kembali akan sejarah berdirinya Legio Maria oleh Frank Duff pada tanggal 7 September 1921 yang patut disyukuri bersama. Legio Maria telah berkembang dengan pesat di seluruh dunia dan telah berkarya nyata sebagai sumbangan yang besar bagi karya kerasulan gereja.  Usai syahadat Para Rasul, pengucapan janji sekitar 50 anggota Legio Mariae yang telah memenuhi syarat keanggotaan dan belum mengucapkan janji. Misa yang dimeriahkan koor presidium “Maria Ratu Para Rasul” ini berakhir pk. 13.45 WIB. Harapan para legioner, acara seperti ini bisa diselenggarakan setiap tahun, selain jiwa yang  disegarkan, saling bertemu, tatap muka, sharing bersama menambah erat tali persaudaraan dan saling menguatkan sebagai legioner. *wi2k*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top