Katekese

Katekese Liturgi Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya

RD. Patrisius Alu Tampu sedang berkatekese.

Salah satu program kerja Bidang Liturgi Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya, masa bakti 2017-2019 adalah melaksanakan Katekese Liturgi kepada umat dalam pertemuan lingkungan. Program ini disampaikan oleh Fidelis Harefa selaku Koordinator Bidang Liturgi pada Raker Dewan Pastoral Paroki yang dilaksanakan pada Bulan Maret 2017 yang lalu.

Program Katekese Liturgi sudah mulai berjalan. Hal yang menjadi topik katekese gelombang pertama adalah Liturgi Praktis. Liturgi Praktis dimaksudkan adalah hal-hal praktis yang harus diperhatikan dalam berliturgi, secara khusus dalam perayaan ekaristi. Menurut Fidelis, katekese tidak boleh dihentikan karena generasi-generasi Gereja tidak pernah habis. Selalu saja bertambah dan melahirkan generasi baru.

Perayaan Ekaristi, merupakan puncak yang dituju oleh seluruh kegiatan dan karya kerasulanan Gereja, sekaligus merupakan sumber segala daya kekuatannya Sacrosanctum Concilium (SC 10]. Tata cara merayakannya dengan baik telah diatur dalam Pedoman Umum Misale Romawi. Supaya kecintaan kepada liturgi itu lahir dari hati setiap umat beriman, maka liturgi itu perlu diperkenalkan bersama dengan seluruh aturan yang telah diatur oleh Gereja. Oleh karena itu, katekese sesungguhnya lebih tepat dimaknai sebagai sosialisasi aturan-aturan Gereja tentang liturgi. Dalam katekese, tidak ada yang perlu diperdebatkan. Semua umat beriman harus tunduk pada aturan yang telah ditetapkan oleh Gereja karena telah teruji selama ribuan tahun.

Katekese oleh Kord. Bid. Liturgi

Katekese Liturgi gelombang pertama dilaksanakan oleh Pastor Paroki bersama Tim Bidang Liturgi DPP Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya. Direncanakan, katekese gelombang kedua akan dilaksanakan oleh Tim Liturgi yang akan dibentuk oleh Bidang Liturgi, bekerjasama dengan Bidang Pewartaan. Materi katekese akan disusun secara baku agara Tim Katekese dapat mensosialisasikannya setelah mempelajari materi secara bersama-sama. Semoga katekese liturgi yang sedang dilaksanakan ini memberi manfaat yang besar untuk mencerdaskan iman umat Katolik pada umumnya, iman umat Katolik di Paroki St. Maria pada khususnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top