Edukasi

Keunikan Manusia

Maria Jeny Elsiana

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling istimewa. Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Manusia diberikan kebebasan, akal budi, hati nurani, serta manusia juga diberikan tanggung jawab untuk merawat bumi dan segala sumber daya yang ada di bumi.

Ketika manusia memenuhi bumi dengan populasi yang lebih besar, mereka diharapkan mampu mengatur sumber daya yang ada di planet bumi ini. Manusia memiliki kemampuan merawat bumi, dan kemampuan itu menjadi alasan untuk kreatif merencanakan dan bekerja sama sehingga bumi sungguh menjadi hunian yang nyaman bagi semua makhluk hidup.

Sebagaimana makhluk hidup lainnya manusia memiliki kemiripan baik secara morfologis maupun anatomis termasuk mekanisme organis yang secara signifikan memiliki kesamaan biologis. Demikian juga kebutuhan akan makan/minum (nutrisi), kebutuhan bernafas, berkembang biak, menerima rangsangan, bergerak dan lain-lain yang merupakan ciri-ciri makhluk hidup. Tetapi, dibandingkan makhluk hidup yang lain, manusia memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya yakni rasa ingin tahunya.

Manusia dapat melakukan sesuatu yang dapat membuat mereka berbeda dari pada hewan lainnya. Mereka dapat menyelesaikan sesuatu yang menakjubkan, yang makhluk lain tidak dapat lakukan. Manusia memiliki ide-ide baru, membangun rencana, bersiap untuk menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan muncul, dan menjalankan rencana-rencana mereka sampai tujuannya tercapai. Kemampuan manusia merencanakan, berpikir, dan menyelesaikan sesuatu yang baru, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya adalah keunikan lain yang dimiliki manusia.

Keunikan  lainnya adalah kemampuan berbicara. Tidak ada di antara hewan lain yang mempunyai kemampuan berbicara seperti manusia. Komunikasi yang jelas dengan berbicara adalah penting untuk menguraikan rencana yang rumit agar dapat dikoordinasikan dan diselesaikan. Berbicara dan bahasa memungkinkan ide dapat dibagikan, didiskusikan, dan dievaluasi. Jika manusia tidak dapat berbicara, bagaimana mungkin mereka bisa berkomunikasi dan menjalin relasi yang baik dengan sesama manusia.

Hal unik yang lain adalah perpaduan kesadaran diri dan kebebasan kehendak. Sebagai manusia kita mampu mengenali diri kita sendiri sebagai satu individu dan membuat keputusan sehubungan dengan tingkah laku kita.

Bersyukurlah dan berbahagialah kita yang diciptakan sebagai manusia, karena kita adalah ciptaan Tuhan yang paling istimewa dan berharga. Tanggung jawab masing-masing kita adalah menghargai anugerah istemewa yang telah diterima dari Sang Pemberi hidup. **(Maria Jeny Elsiana: Mahasiswa STIPAS Palangka Raya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top