Januari 2017

“Lihatlah Anak Domba Allah”

3 Januari 2017: Fulgensius, Kuriakos Elias Chavara

Bacaan I: 1Yoh. 2:29 – 3:6;
Mazmur Tanggapan: Mzm. 98:1,3cd-4,5-6;
Injil: Yoh. 1:29-34.
Bacaan Offisi: Kol 3:5-16

Hari ini, kita diberitahukan bahwa Yesus adalah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Ayat ini merupakan pernyataan dari Yohanes Pembaptis. Pada hari ini, kepada kita dipertegas oleh Yohanes Pembaptis bahwa Yesus lahir ke dunia untuk menebus dosa manusia. Dan itu akan terjadi melalui peristiwa penyaliban. Yesus akan dikorbankan sebagai Anak Domba yang dikurbankan untuk menghapus dosa kita.

Meskipun kita baru saja merayakan hari kelahiran Yesus, bacaan Injil pada hari ini menegaskan kepada kita bahwa segala yang akan terjadi telah dinubuatkan oleh para nabi. Yesus akan menjalankan tugas-Nya untuk menjadi penebus kita seperti telah ditetapkan oleh Bapa.

Refleksi

Kita diajak belajar dari Yohanes Pembabtis, bahwa Allah sudah membenarkan kita dan kita sudah mengerti kebenaran itu. Marilah, dengan penuh kerendahan hati, kita mau menjadi “suara” yang berseru-seru supaya banyak orang mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, mau bertobat dan memberi diri di babtis. Kita pun mau menjadi berkat untuk orang lain supaya orang lain pun diberkati. Mereka dapat melihat juga karya Anak Domba Allah yang terpaku di kayu salib untuk menebus dosa kita semua.

Saya ingin memberi Tuhan sesuatu yang sangat indah dan melakukannya tanpa ragu. Kaul atau Sumpah ini, sebuah bukti bahwa cinta itu buta. (Mother Teresa)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top