Gema OMK

OMK Generasi Penerus Gereja

Peranan Orang Muda Katolik sangat dibutuhkan oleh Gereja. Demikianlah pesan Paus Fransiskus menutup WYD yang dilaksanakan di Brazil beberapa bulan yang lalu. Tanpa Generasi Muda, Gereja akan mati karena Kaum Muda adala masa depan Gereja.

Pesan OMK Dalam Simbol
“Kamilah Generasi Penerus Gereja”

Orang Muda Katolik (OMK) St. Ursula adalah salah satu bagian dari Orang Muda Katolik di seluruh dunia yang terkoordinasi di Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya. Kehadiran mereka sangat memberi warna akan kehadiran Gereja itu sendiri. Bila kita melihat peran mereka dalam mempersiapkan HUT 50 Tahun Paroki Katedral Palangka Raya, seharusnya kita bisa tergugah untuk memberikan dukungan yang lebih dengan cara melibatkan OMK dalam berbagai kegiatan. Dukungan yang paling mereka butuhkan saat ini adalah pendampingan dan pengarahan.

OMK Menggalang Kebersihan Lingkungan

Menjelang hari puncak Perayaan HUT 50 Tahun Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya, kita patut berterima kasih atas berbagai kegiatan yang dilakukan oleh orang muda kita. Mereka aktif dan berinisiatif untuk mengerjakan hal-hal yang perlu dikerjakan saat ini, misalnya membantu dalam kepanitiaan, menggalang aksi kebersihan lingkungan, dan membantu mempersiapkan seluruh perlengkapan pesta. Orang Muda Kita dengan ini membuktikan keberadaannya dan hadir di tengah-tengah kita.

Dengan melihat aksi OMK di atas, kita harus mulai berpikir bagaimana memberdayakan OMK kita ke depan. Pemberdayaan ini dapat berupa berbagi peran dengan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dalam menata kehidupan Gereja di masa yang akan datang. Kita tidak bisa menutup mata akan hal yang selama ini terjadi. Kadang kala, orang tua tidak percaya kepada orang muda karena dianggap belum berpengalaman. Kepedulian untuk pembinaan dan mendukung mereka pun ditangani tidak sepenuh hati. Kalau pola pikir ini dibenahi dan ditata kembali, kita semua yakin bahwa Gereja untuk sepuluh tahun ke depan akan berada di tangan kaum muda yang terlatih, terdidik dan terarah, dan tidak lain adalah OMK kita yang saat ini hadir bersama kita.**Kairos

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top