Katekese

Pemberdayaan Kesejatian Hidup

Pemberdayaan Kesejatian Hidup merupakan Tema Besar Aksi Puasa Pembangunan Nasional 2007-2011. Tema ini akan didalami melalui Tema Tahunan yang kemudian dipecahkan dalam sub-tema per pertemuan. Tema ini begitu penting sehingga dalam pemahamannya dibutuhkan waktu 5 tahun untu merenungkannya secara lebih mendalam, dengan melihat keseluruhan aspek kehidupan dalam perwujudan pemberdayaan kesejatian hidup itu sendiri.

Pada tahun 2007, Pemberdayaan Kesejatian Hidup didalami dalam konteks Hubungan Sosial. Hubungan sosial yang tidak harmonis akan melahirkan berbagai macam persoalan yang mengakibatkan kita sebagai manusia kehilangan kesejatian hidup. Hubungan Sosial didalami mulai dari komunitas kecil hingga meluas kepada kehidupan bermasyarakat. Mulai dari Keluarga sebagai basis kesejatian hidup beriman hingga kepada masyarakat luas dalam konteks sosial yang lebih luas.

Pada tahun 2008, Kesejatian Hidup didalami dalam konteks Pemberdayaan Lingkungan Hidup. Lingkungan Hidup merupakan bagian penting dari kehidupan yang harus diberdayakan. Lingkungan Hidup adalah Lingkungan pergaulan manusia, mulai dari relasi keluarga terdekat sampai dengan relasi yang lebih luas. Pergaulan ini dilandasi oleh: sikap solidaritas, hormat, cinta, dan memperjuangkan kepentingan bersama. Lingkungan Hidup juga merupakan Lingkungan ruang dan tempat kita hidup, dikelola dan ditata menjadi tempat nyaman untuk semua. Lingkungan Hidup tersebut meliputi Lingkungan alam : udara, laut, darat, dan air dijaga kelestariannya sebagai kekayaan hayati demi generasi yang akan datang.

Pada tahun 2009, Kesejatian Hidup di dalami dalam konteks Pemberdayaan Hubungan Antar Umat Beriman. Hal ini menyangkut sikap toleransi antar umat beragama. Pendalamannya dimulai dari diri sendiri sebegai umat beriman, yang kemudian meluas kepada umat beriman yang berbeda kepercayaan. Hal ini penting karena bila sikap toleransi tidak tercipta, keamanan hidup tidak pernah terwujud dan tetap tinggal sebagai harapan semu belaka.

Pada Tahun 2010, Kesejatian Hidup di dalami dalam konteks Kerjasama Memerangi Kemisikinan. Tahun 2010 kita diajak melihat kelemahan-kelemahan selama ini yang belum terselesaikan dengan baik, secara khusus dalam konteks kesejahteraan bersama. Memperjuangkan kesejahteraan bersama atau memerangi kemiskinan menuntut kerjasama yang baik. Bagaimana kita dalam kebersamaan, dalam bekerja sama, dalam hidup bersama didalami secara terperinci pada tahun 2010.

Pada Tahun 2011, Kesejatian Hidup didalami dalam konteks Mewujudkan Diri Menuju Perwujudan Komunitas. Bagaimana kita mendalami Tema ini dalam beberapa pertemuan, akan berlanjut saya tuliskan dalam kategori ini pada halaman-halaman berikut.

Saya sengaja menampilkan keseluruhan Tema APP 2007-2011 supaya dalam setiap pertemuan, konsep pemahaman kita tetap satu yakni pada Tema Umum PEMBERDAYAAN KESEJATIAN HIDUP.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top