Headline

Pendalaman APP I 2018: Kasih Allah dalam Keutuhan Ciptaan

Tema pertama pendalaman APP 2018 adalah “Kasih Allah dalam Keutuhan Ciptaan”. Pertemuan ini mengajak kita untuk menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini berasal dari Allah. Segalanya diciptakan untuk saling melengkapi. Kesadaran yang mendalam akan hal ini menumbuhkan rasa syukur. Oleh karena itu, sembari mensyukuri rahmat itu, kita diajak untuk memelihara ciptaan Allah demi kelangsungan hidup kita dan generasi berikutnya.

Pendalaman APP Lingkungan St. Fransiskus Xaverius

Pertemuan pertama ini membawa kita pada sebuah permenungan bahwa tidak seorang pun di antara manusia mampu menciptakan sesuatu seperti keagungan karya cipta. Tuhan benar-benar menunjukkan kebaikan yang maha agung melalui keindahan, kedamaian, ketentraman, keamanan dan kenyamanan dalam dunia yang diciptakan-Nya. Semua kebaikan ini digambarkan dalam kisah penciptaan dimana Tuhan menyediakan sebuah taman Eden sebagai gambaran tempat yang sangat baik untuk didiami.

Pendalaman APP Lingk. St. Arnoldus Janssen

Melalui bacaan Kejadian 2:8-14, Tuhan mau mengatakan kepada kita bahwa pada mulanya telah diciptakan dengan sempurna. Dia mengalirkan mata air sebagai sumber kehidupan yang menyejukkan. Di sana tersedia emas, damar, batu krisopras sebagai lambang kejayaan. Tersedia tumbuh-tumbuhan yang hijau sebagai lambang kesuburan. Melalui bacaan ini, Tuhan menyampaikan kepada kita bahwa tugas kita adalah memelihara segala sesuatu itu. Memelihara dan menjaganya serta menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang proporsional tanpa didominasi oleh jiwa serakah.

Ada beberapa hal yang harus disadari dan dipahami oleh manusia melalui pendalaman APP I, Tahun 2018 ini:

  1. Bumi dalah rumah kita bersama. Diciptakan Tuhan untuk semua, bukan untuk satu orang, satu kelompok atau satu suku tertentu.
  2. Penciptaan ini merupakan pemakluman Kerahiman Allah kepada manusia. Allah merahimi, melindungi, menjaga dan mengayomi manusia, seperti seorang ibu menjaga bayi dalam rahimnya.
  3. Manusia wajib mensyukuri semua itu dengan melakukan hal-hal yang baik. Dengan berbuat baik dan benar, manusia sudah membalas kasih Allah.
  4. Dengan menyadari bahwa semua diciptakan secara sama, manusia harus membangun relasi sosial yang saling melengkapi dan saling membantu.Solidaritas sosial merupakan sebuah pemakluman nyata bahwa semua manusia berasal dari tempat yang sama, yakni dari Sang Pencipta. Kesadaran ini akan meretas segala perbedaan yang ada. Meretas segala pemikiran primordial. Semuanya sama dan satu dihadapan Allah.

Pendalaman APP I di Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya telah terlaksana di lingkungan-lingkungan. Beberapa dokumentasi yang ada bersama tulisan ini menjadi bukti antusiasme umat dalam mengikuti pendalaman APP.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top