Januari 2017

Pertemuan Dengan Yesus

5 Januari 2017: Karolus Houben, Yohanes Neumann

Bacaan I: 1Yoh. 3:11-21;
Mazmur Tanggapan: Mzm. 100:2,3,4,5;
Injil: Yoh. 1:43-51. 
Bacaan Offisi: Kol 4:2-18

Injil Yohanes hari ini masih melanjutkan kisah pertemuan dengan Yesus. Dalam Injil kita lihat bahwa pertemuan para tokoh yang disebutkan dalam perikop ini merupakan pertemuan yang membawa perubahan. Salah satu yang ingin ditegaskan kepada kita adalah bahwa perlunya seorang teman yang menemani dalam pertemuan dengan Yesus. Filipus adalah model seorang teman yang dibutuhkan untuk bertemu dengan Yesus.
Tidak semua teman mampu menjelaskan kepada kita tentang siapa Yesus. Juga, tidak semua teman mampu mengajak kita untuk bertemu dengan Yesus. Filipus berperan sebagai teman yang memampukan Natanael untuk memutuskan sesuatu yang fundamental bagi hidupnya. 

Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Refleksi 

Sabda Tuhan selalu menawarkan kepada kita berbagai pertemuan yang mengubah hidup. Tetapi seperti Natanael, kebanyakan kita tak langsung menanggapinya. Banyak yang mengikuti tahap seperti halnya Natanael, yakni, butuh orang lain yang menemani dalam perjalanan.

Mampukah kita menjadi seorang Filipus bagi yang lain, yang berperan untuk menjelaskan tentang Yesus sekaligus menghantar orang lain pada pertemuan dengan Yesus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top