Berita

Peserta Pelatihan Lektor dan Pemazmur Mulai Melayani Liturgi

Pelatihan Lektor dan Pemazmur yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2016 yang lalu telah berhasil menambah barisan para Lektor dan Pemazmur di Paroki St. Maria Palangka Raya. Hal ini terbukti dengan mulai tampilnya para peserta pelatihan untuk menjadi petugas liturgi Hari Minggu.

Petugas Lektor dan Pemazmur 25 September 2016
Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya

Sumber Daya Manusia umat Katolik memang hanya bisa bermanfaat bila digali dan dikembangkan melalui pengkaderan. Kaderisasi melalui pelatihan adalah salah satu cara memberdayakan SDM yang ada dalam Gereja. Memberi kesempatan seluas-luasnya kepada umat untuk melayani liturgi menjadi inti dari pembagian tugas dan tanggung jawab sehingga secara bertahap, umat merasa benar-benar memiliki dan bertanggung jawab sebagai bagian dari Gereja, di mana mereka berada.

Di beberapa tempat, kaderisasi petugas liturgi kurang menjadi perhatian. Bahkan ada kesan bahwa yang menjadi petugas liturgi dikhususkan untuk mereka yang memiliki latar belakang sebagai Katekis, biarawan dan biarawati. Hal ini akan membuat Gereja menghadapi kesulitan di masa yang akan datang karena umat pasti ada yang datang dan ada yang pergi. Bila pengkaderan tidak diperhatikan, maka Gereja ke depan hanya dilayani oleh para kaum berjubah dan para hirarki.

Syukur, geliat pengkaderan sudah mulai terlihat, meskipun sekian tahun telah disusun dalam bentuk wacana saja. Kini, biar hanya sedikit yang ikut sebagai peserta, paling tidak Seksi Liturgi tidak kesulitan untuk memilih personil petugas pelayan liturgi setiap hari Minggu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top