Berita

Solidaritas Tanpa Batas, Ini Gerakan Masyarakat Bantu Sesama Saat Pandemi

Palangka Raya, Santa Maria ID, Di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya dan sekitar, saat ini muncul sejumlah aksi solidaritas masyarakat untuk saling membantu mengatasi meringankan beban penderitaan warga yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah gerakan solidaritas Relawan Katedral.

Aksi sosial yang digelar Relawan Katedral ( Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya) ini diantaranya adalah menginisiasi pengumpulan donasi berupa barang ( sembako) serta uang tunai, yang nantinya akan dikelola oleh Dewan Paroki guna didistribusikan kepada Umat yang benar-benar terdampak secara ekonomi, sehingga dapat meringankan beban penderitaan yang mereka alami. 

Julius Situngkir, selaku koordinasi aksi Relawan Katedral mengungkapkan, “aksi solidaritas yang digagas tim relawan ini merupakan wujud kepedulian Umat di  Paroki Katedral yang bekerja secara sukarela membantu Para Imam, guna menginventarisasi Umat di seluruh lingkungan, khususnya mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan, baik berupa pangan maupun vitamin dan obat-obatan. Selain itu, hingga saat ini Relawan masih mendata jumlah Umat yang sedang menjalani Isolasi mandiri ( Isoman). 

“Melihat kondisi akibat masih maraknya Pandemi Covid 19 di daerah ini, serta keprihatinan kita kepada mereka yang terdampak, Kita masih menunggu  informasi lebih lanjut dari Para Ketua Lingkungan di Paroki Katedral, mengingat Para Ketua Lingkungan ini yang lebih tahu kondisi Umatnya di Lingkungan masing-masing”. Selain itu, Julius Situngkir yang akrab dipanggil dengan sebutan “ Bang Ucok” ini menambahkan, Tim Relawan Katedral dalam waktu dekat akan menggelar kegiatan Vaksinasi Massal Dosis I, bekerja sama dengan Aparat Rumah Sakit TNI, khusus untuk warga yang berusia 18 tahun ke atas. Saat ini kami masih membuka pendaftaran secara online maupun offline. Sementara dosis yang disiapkan berjumlah 500 pcs.

Relawan Katedral yang melaksanakan aksi solidaritas ini, membuka Posko Relawan di Komplek Katedral Santa Maria Palangka Raya. Posko Relawan dibuka setiap hari, dan ditargetkan akan selesai melaksanakan kegiatan aksi solidaritas ini hingga akhir bulan September mendatang. ***Red

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top